Follow by Email

Minggu, 02 Oktober 2011

Cantik Itu...


Manusia merupakan mahluk yang diciptakan dalam ahsani taqwiim, alias sesempurna-sempurnanya bentuk. Meskipun penampilan kita tak sejelita Jenifer Lopez ataupun Nikita Willy, tetap saja kita ini (khususnya wanita) mahluk yang indah dipandang. Apalagi banyak orang yang berkata, bahwa cantik itu relatif.
Banyak sebagian dari kita menganggap bahwa seorang perempuan diberi predikat cantik dengan kriteria seperti ini, dia memiliki wajah yang jelita, memiliki kulit putih seputih pualam, hidung yang mancung, mata jeli, body langsing dan seksi, bibir merah merona, dll.Pada kodratnya, semua perempuan memang senang jika dipuji sebagai pretty woman, bukan?! barangkali, kamu juga begitu.
Konsep diri seseorang itu meliputi 3 faktor yang saling berkorelasi. Berawal dari self ideal, yakni gambaran diri yang ideal. Setiap orang pasti memiliki gambaran diri yang ideal, yang dimimpikan atau diharapkan melekat pada dirinya. Self ideal secara otomatis akan mempengaruhi self image (gambaran tentang diri kita apa adanya). Jika self image sama-atau setidaknya mendekati self ideal, maka self esteem (harga diri, yakni seberapa besar kita menghargai diri kita) akan terbangun kokoh. Kita akan cenderung mencintai diri kita dan ujung-ujungnya adalah bisa tampil penuh percaya diri, Itulah konsep diri yang positif.
Sedangkan jika self image kita jauh dari self ideal, maka kita akan memiliki self esteem yang rendah, kita cenderung akan membenci diri kita dan tampil sebagai sosok yang minder, Itulah konsep diri yang negatif.
Pribadi cantik yang ideal yaitu,bukanlah terdapat dalam keelokan paras selebritis.Lebih dari itu, sesuatu yang ideal, bukanlah sekedar diukur dari fisik belaka. Ada unsur lain yang mestinya kita bangun.Akal dan ruh. Akal dengan ketajaman dan kecerdasan pemikiran kita, ruh dengan kekuatan spiritual alias ketakwaan kita.
Kekuatan pemikiran dan ketakwaan kitalah yang akan membuat kita cantik dan mendapatkan derajat yang gilang gemilang-di mata Allah, tentu saja- bukan di mata manusia, itulah cantik yang abadi, wallahu alam bi sawwab.


dikutip dari: Look I'm Very Beauty by Afifah Afra







Tidak ada komentar:

Posting Komentar